Contoh Naskah Pidato Tentang Hari Kanker Sedunia (4 Februari)

 

Hadirin yang dirahmati Allah... Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Salam sejahtera untuk kita semua...

Dalam kesempatan ini, ijinkanlah kami berdiri di hadapan Bapak dan Ibu sekalian untuk menyampaikan sebuah pidato yang sukup penting bagi kita semua selaku ummat manusia yang menginginkan hidup sehat, yaitu tentang sebuah penyakit yang menjadi momok menakutkan bagi semua orang, yaitu kanker.

Hal ini perlu kami sampaikan mengingat pada hari ini, 4 Februari dalam setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia.

Hadirin yang kami mulyakan...
Hari Kanker Sedunia ini diperingati dalam upaya untuk meningkatkan kepedulian kita semua pada kanker dan upaya atau langkah-langkah pencegahan, deteksi dini, maupun pengobatan yang bisa dilakukan.

Hari Kanker Sedunia (gambar: hmkmunud.wordpress.com)


Perlu diketahui, bahwa penyakit kanker saat ini masih menduduki peringkat pertama penyakit paling mematikan di dunia. Menurut catatan terbaru lembaga kesehatan dunia (WHO), penyakit ini berkontribusi sebesar 13% sebagai penyebab kematian di seluruh dunia saban tahun. Lembaga ini menaksir 84 juta orang meninggal akibat kanker dalam rentang 2005-2015.

Selain itu, 80% dari kematian akibat kanker terjadi di negara yang masih memiliki tingkat penghasilan rendah. Kemudian, seperempat dari 80% kematian itu terjadi pada usia di bawah 60 tahun.

Bapak/Ibu yang kami hormati...
WHO sebagai lembaga kesehatan dunia telah mendata bahwa ada lebih dari 100 jenis kanker di dunia ini. Dari jumlah itu, setidaknya ada lima jenis kanker paling ganas. Apa saja itu?

Yang pertama adalah kanker payudara. Kanker jenis ini lebih sering menyerang kaum wanita. Semula tumbuh di dalam kelenjar susu, saluran susu, jaringan lemak maupun jaringan ikat pada payudara. Jika sudah parah, biasanya ditandai dengan perubahan warna kulit di sekitar payudara atau puting susu. WHO mencatat ada lebih dari 460.000 kematian akibat kanker payudara. Di Indonesia, kanker payudara masih menjadi penyakit mematikan nomor satu bagi wanita.

Lalu yang kedua adalah kanker kulit yang menyerang bagian tubuh paling luar. Penyakit ini akibat terlalu banyak zat oksidan di dalam tubuh.

Menurut WHO kanker ini juga bisa terjadi akibat tubuh menerima pancaran sinar radio aktif atau sinar ultraviolet secara berlebihan, sehingga kekebalan tubuh menjadi lemah. Penderita juga patut waspada karena kanker ini bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Kemudian yang ketiga adalah kanker mulut rahim (serviks). Penyakit ini paling dibenci kaum hawa lantaran menyerang bagian paling intim. Penyebabnya virus human papilloma virus (HPV). Pada masa awal, tidak ada gejala khusus. Namun pada stadium lebih lanjut, kanker ini baru bisa dilihat memakai alat pap smear.

WHO mencatat kanker serviks umumnya menyerang wanita di negara dengan penghasilan rendah. Wanita yang terkena kanker ini lebih berisiko mengalami kematian.

Keempat, kanker kolon dan rektum (kolorektal). Ini merupakan kanker peringkat dua yang paling mematikan setelah serviks dengan 610.000 kematian.

Kanker ini tumbuh dari usus besar (kolon) atau rektum (ujung usus besar). Semula kanker ini jinak, namun berkembang cepat jadi ganas. Bahkan, kanker ini bisa menyebar ke organ tubuh yang jauh seperti paru-paru. Pria berusia 50 tahun lebih rentan.

Kelima, kanker prostat, yang terjadi lantaran sel prostat bermutasi dan berkembang di luar kendali oleh imunitas tubuh. Sel menyebar secara metastasis dari prostat ke bagian tubuh lain, terutama tulang dan lymph node. Akibatnya, pria akan kesulitan buang air kecil, sehingga dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Pria di atas 65 tahun paling rentan kanker ini.

Dari pemaparan di atas, lalu apa langkah yang bisa lakukan dalam upaya menghindari serangan kanker yang ganas itu?

Ada hal yang dapat kita lakukan agar terhindar dari kanker, yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat untuk hindari kanker. Berikutya adalah dengan melakukan deteksi dini, pengobatan untuk semua pasien kanker, dan meningkatkan kualitas hidup.

Dengan menghindari faktor-faktor yang bisa memicu kanker, kemungkinan terserang oleh penyakit ini bisa diperkecil. Jika sudah mengidap kanker, pengobatan dan tata laksana yang tepat dapat meningkatkan kualitas hidup penderita.

Demikian pidato tentang Hari Kanker Sedunia ini kami sampaikan, semoga menjadi pencerahan buat kita semua, agar bisa terhindar dari penyakit kanker. Sekian, wassalamualaikum wrwb.
Contoh Naskah Pidato Tentang Hari Kanker Sedunia (4 Februari) 4.5 5 Mas Koen Hadirin yang dirahmati Allah... Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam sejahtera untuk kita semua... Dalam kesempatan ini, iji...


No comments: